Sabtu, 08 Desember 2012

Senyum Itu Menyehatkan

SENYUM MERUPAKAN OBAT ALAMI

Senyum melepas endorphin, pematik rasa alamiah, dan serotonin. Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pematik rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa mengendalikan rasa sakit. Senyum membuat awet muda. Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan banyak tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.


SUDAHKAH ANDA
SENYUM???
Hidup akan menjadi lebih indah bila setiap orang rela untuk saling berbagi tawa dan senyum apalagi senyum itu dilakukan dengan tulus karena dengan senyum yang tulus akan melahirkan rasa nyaman dan damai.
Tersenyum dan tertawa merupakan salah satu bentuk komunikasi sederhana yang mudah dipahami. Dibalik senyum dan tawa tersebut ternyata menyimpan beragam manfaat bagi manusia termasuk secara fisik dan psikologis
.


MANFAAT SENYUM
Senyum membuat awet muda
Senyuman menggerakkan banyak otot .
Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift.
Dijamin dengan byk tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.

 Senyum membuat Anda kelihatan sukses
Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan.
Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien.
Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.

Senyum membuat orang berpikir positif
Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah.
Penyebabnya, ketika Anda tersenyum,tubuh mengirim sinyal "hidup adalah baik".
Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugerah

SENYUM ADALAH IBADAH
Selain memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, dalam ajaran Islam sendiri mengatakan senyum adalah amal. Senyuman bisa menjadi penyembuhan spiritual dalam penyakit kronis.Modal tidak perlu tersenyum, hanya sepotong rasa permen yang bisa tersenyum tulus. Sebuah senyum yang bisa mencerahkan hari melemparkan manusia lain. Senyum dapat mendinginkan jantung dari marah atau bisa juga untuk memulai sebuah ikatan.
TERTAWA DAN
MANFAATNYA
  • Merangsang Kekebalan Tubuh
Tertawa akan menggerakkan bagian dalam tubuh, mengaktifkan sistem endokrin, sehingga mendorong produksi hormon-hormon antistres serta sel-sel kekebalan. Di sisi lain, hormon-hormon stress akan menurun.
Hasilnya, kekebalan tubuh akan meningkat. Jika seseorang sakit dan tertawa, maka rasa sakit itu menjadi berkurang. Sebuah penelitian di AS menemukan seorang penderita gangguan tulang belakang parah ternyata sangat tertolong oleh video Candid Camera. Menurut pasien itu, 10 menit tertawa bisa membuatnya tidur dua jam tanpa rasa sakit.
Tertawa juga mencegah pengerasan pembuluh darah. Sehingga mencegah kondisi-kondisi yang menyebabkan nyeri dada, serangan jantung atau stroke.
Simak kata dr William Fry, direktur Center for Prevention Cardiology Maryland Medical Centre, Baltimore AS,”Tertawa bisa mencegah serangan jantung.”

MEMBUAT TUBUH
JADI RILEKS
Tertawa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, serta mengurangi stress. Karena itu, jika stress atau bekerja keras, Anda disarankan untuk sering-sering tertawa.

Saat tekanan darah dan detak jantung meningkat, tertawa membuatnya kembali normal. Dalam keadaan itu, sensor-sensor perspektif akan meningkat dan Anda justru bisa menghadapi tugas dengan lebih baik.

MENINGKATKAN
SIRKULASI DARAH
    Jika Anda berada dalam posisi diam, misalnya duduk bekerja dalam waktu lama, tak jarang peredaran darah menjadi lebih lambat. Tertawa bisa meningkatkan detak jantung, dan membuat otot-otot aktif.

Menurut dr Madan Kataria, guru Harsya Yoga atau Yoga TAwa, tertawa juga memberi pijakan pada saluran pencernaan. Hasilnya, tertawa memperbaiki peredaran darah, sehingga membantu perjalanan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.
SAMA DENGAN
 OLAH RAGA
Tertawa terbahak-bahak amat bermanfaat bagi orang sehat. Tertawa terbahak-bahak akan membuat otot perut, dada, bahu, paru-paru dan punggung bergerak-erak. Hasilnya, seperti jogging. Selain itu, otot-otot wajah ikut tergerak sehingga peredaran darah lancar.
Menurut penelitian, 100 kali tertawa sama dengan 15 menit bersepeda statis. Satu menit tertawa terbahak-bahak, sama dengan 10 menit menggunakan rowing machine atau mendayung.
Untuk membuat tawa sebagai olahraga, Anda perlu tertawa selama sedikitnya 30 detik hingga tubuh merasakan sensasi hangat.

LATIHAN TERTAWA ........
1. Niat Tertawa
      Sebelum tertawa, berniatlah untuk tertawa dengan tulus. Jangan terkontaminasi pikiran selain niat untuk tertawa.
2. Seperti Anak-anak
       Setelah berniat tertawa, munculkan sifat bermain seperti anak-anak. Lupakan status dan posisi Anda. Bayangkanlah bahwa Anda adalah anak-anak yang riang gembira, merdeka tanpa beban dan hidup adalah arena bermain yang menyenangkan.
3. Dilarang Menertawakan Rekan
      Hati-hati, sebaiknya jangan tertawa karena melihat kekurangan, keburukan, kesalahan, kecerobohan orang lain. Intinya, jangan tertawakan orang lain! 
 4. Jangan Tertawa Sendiri
Kalau Anda berhasil tertawa dengan lepas, jangan egois. Bagilah kebahagiaan Anda. Perlihatkan ekspresi tawa Anda pada orang di sekitar. Tularkan tawa Anda pada mereka. Biarkan mereka yang melihat ekspresi tawa Anda, ikut tertawa bersama.
5. Buka Diri
Biasanya, kaum hawa akan menutup mulutnya saat tertawa. Masih banyak orang yang menjaga sikap ketikaa tertawa. Sebaiknya, jangan jaim. Biarkan seluruh tubuh mengekspresikan tawa yang bebas lepas. Jangan malu memperlihatkan gigi.
6. Kontak Mata
Cinta berasal dari mata turun ke hati. Terapi tawa, berasal dari hati, naik ke mata dan turun ke bibir. Saat tertawa, pertahankan kontak mata dengan orang-orang yang ikut tertawa bersama Anda. Tawa yang tulus akan terpancar di mata. Ketulusan tawa Anda terlihat bisa mata sedikit menyipit dan bibir tertarik ke atas.*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar